Subscribe Feed

Mengembalikan Jati Diri Bangsa


Mengembalikan Jati Diri Bangsa
Mengembalikan Jati Diri Bangsa, ya. .itulah judul artikel blog khusus kontes kali ini. Mengembalikan jati diri bangsa Indonesia yang berbudaya timur sebagaimana mestinya. Mengembalikan apa yang sudah seharusnya menjadi jati diri bangsa kita, bangsa yang menjunjung tinggi nilai moral. Bangsa yang semakin hari semakin hilang jati dirinya.
Kenapa itu semua bisa terjadi di negara kita yang tercinta? Apa yang menyebabkan Indonesia semakin kehilangan jati diri bangsanya? Siapakah yang bertanggung jawab untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia?

Itulah yang akan saya bahas di artikel ini, Mengembalikan Jati Diri Bangsa yang mulai menghilang. Jadi, selain judul, kalimat mengembalikan jati diri bangsa juga sepertinya akan menjadi tema dari artikel kali ini.

Mulai Menghilangnya Jati Diri Bangsa Indonesia

Tak bisa dielakkan lagi, dari tahun ke tahun jati diri bangsa Indonesia perlahan-lahan mulai menghilang. Semua itu dapat dengan mudah kita lihat pada sikap, perilaku, tata bahasa serta penampilan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Masih adakah sikap peduli terhadap bangsa dikalangan masyarakat Indonesia?
Masih memang, namun sedikit demi sedikit sikap tersebut mulai menghilang.

Masih adakah sikap dan perilaku dari bangsa Indonesia yang menjaga jati dirinya sebagai bangsa yang berbudaya ketimur-an?
Masih, namun tak lebih banyak dari sikap dan perilaku bangsa yang mulai berbudaya kebarat-an.

Masih adakah dalam diri masyarakat tutur kata yang mencerminkan bahwa kita bangsa berbudaya timur?
Masih, namun tak kalah banyak dari masyarakat yang bertutur kata kebarat-an.

Lantas, kemana hilangnya jati diri bangsa Indonesia yang merupakan bangsa berkebudayaan timur?
Siapakah yang bertanggung jawab untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia?

Siapa yang Bertugas Mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia?

Mungkin pertanyaan diatas memang aneh. Siapa yang bertugas untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia? Polisi? Pemerintah? Presiden?
Jawabannya sudah jelas bukan? Kita. Diri kita yang bertugas dan mempunyai peranan untuk mengembalikan kembali jati diri bangsa Indonesia. Masing-masing pribadi menjadi faktor penentu keberhasilan untuk itu.

Lalu, Siapa yang bertanggung jawab atas hilangnya jati diri bangsa kita?
Jawabannya sama dengan jawaban diatas.
Kita semualah yang bertanggung jawab atas mulai menghilangnya jati diri bangsa Indonesia. Kita lah faktor utama penyebabnya.
Bukan dia, bukan kamu, bukan saya, dan bukan mereka, tapi KITA. Kita yang menyebabkan hilangnya budaya bangsa timur di negara Indonesia. Kita juga yang harus mengembalikan jati diri bangsa Indonesia seperti sedia kala.

Bagaimana Caranya Mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia?

Jika kita sudah menyadari, bahwa kitalah penyebab hilangnya jati diri bangsa, dan kitalah yang bertanggung jawab atas itu semua. Maka mulai sekarang, mari. .kita kembalikan budaya bangsa Indonesia, mari kita kembalikan jati diri bangsa yang menjunjung tinggi moral bangsanya. Mari kita kembalikan ciri khas bangsa Indonesia, bangsa yang dikenal dengan keramah-tamahannya. Bangsa yang berasaskan keagamaan. Bangsa yang halus tutur-bahasanya.

Bagaimana caranya?
Disini saya tidak mau dianggap bahwa saya tidak bersalah atas pudarnya jati diri bangsa Indonesia. Saya pun berperan didalamnya. Maka dari itu, pertanyaan diatas, tentang bagaimana caranya mengembalikan jati diri bangsa yang hilang? Alangkah lebih baiknya kita sendiri yang menjawabnya. Kita sendiri yang akan mencari tahu bagaimana caranya. Dan pada akhirnya, kita sendiri pula yang akan berusaha untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia. Negara dimana kita bersama menempatinya.


KEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA. MAJU TERUS BANGSA INDONESIA!!

Posting Komentar

8 Komentar

  1. wah bener istimewa ni blog...jago seo harusnya saya banyak bercermin dari sini biar blog ku jalan terusss...salam kenal om untuk bekasi peduli kita bersaing..tapi kotes yang lain monggo jika mau dukung mendukung

    BalasHapus
  2. semoga menang kontesnya kawan, kalau sukses jangan lupa ama teman y sob, aq dukung deh

    BalasHapus
  3. semoga kita bisa melakukannya mas :)
    met berjuang :D

    BalasHapus
  4. Lumayan kang udah masuk di halaman ke 4 di oom gugel.co.id Maju terus,euy tetap semangat!

    BalasHapus
  5. Kang gimana kelanjutan dari kontes ini? pemenangnya siapa aja?

    BalasHapus
  6. meredefinisi jati diri bangsa kayakny kudu dilakuin. soalnya banyak dari kita yang tak begitu paham tentang bagaimana sih jati diri bangsa yang sebenarnya itu?betul nggak?

    BalasHapus
  7. Menang kalah tetap sportif dan kita jaga kontes SEO Indonesia dengan
    hal-hal yang bersih.

    BalasHapus
  8. Mas ada kontes baru lagi lumayan lho hadianya, tapi persyaratannya lumayan berat
    dibanding kontes2 sebelumnya.

    BalasHapus