Subscribe Feed

Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri


Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri

Efek blogging terhadap motivasi diri, ya. . .itu merupakan tema artikel kali ini, efek dari kegiatan blogging (nge-blog) dan kaitannya terhadap motivasi diri.

Efek blogging terhadap motivasi diri bisa juga diartikan sebagai dampak blogging terhadap motivasi diri kita. Efek atau dampak yang seperti apakah yang dimaksud?
Dari judulnya juga sudah jelas kan?
Tentu saja efek yang positif karena banyak sekali yang dapat me-motivasi diri kita hanya dengan melakukan kegiatan blogging. Sebut saja salah satunya, dengan blogging kita dapat me-motivasi diri untuk menjadi seorang penulis yang handal. Betul tidak?

Selain sebagai motivasi diri untuk menjadi seorang penulis handal, blogging juga memberikan efek yang bermacam-macam pada diri kita, tentu saja efeknya berbeda-beda antara satu dengan yang lain, semua tergantung dari kita, blogger, ya. . .pemilik, penulis sekaligus pengurus dari sebuah blog.

Saat memutuskan untuk membuat sebuah blog, tentunya ada alasan yang memacu atau me-motivasi kita bukan?
Entah itu alasan yang kuat ataupun tidak.

Tahukah kalian, tanpa kita sadari, alasan yang memacu kita untuk membuat sebuah blog sangat berpengaruh terhadap motivasi kita saat menjadi seorang blogger.

Ya. . .dalam hal ini kita sebut efek blogging terhadap motivasi diri seorang blogger.

Sebagai contoh, ada seorang siswa SMA yang berniat membuat sebuah blog, ia bertujuan untuk membuat blognya sebagai tempat latihan membuat cerita pendek (cerpen). Ia selalu saja memulai kegiatan blogging-nya saat mendapatkan ide cerita. Ketika ide cerita muncul, ia pun tidak menyia-nyiakan waktunya untuk langsung membuat cerpen. Tentunya setelah selesai membuat cerpen, ia selalu memeriksa hasil karyanya itu.

Setelah yakin karya-karyanya sudah layak untuk dipublikasikan, ia mulai mempromosikan karya-karya diblognya kepada teman-teman sekolahnya.

Dari teman-temannya ia banyak mendapat pujian, tapi tak sedikit pula yang memberikan masukkan terhadap karya-karyanya. Karena pujian dan masukan dari teman-temannya itu, ia semakin semangat untuk menghasilkan karya-karya selanjutnya. Dan berkat masukan teman-temannya ia pun makin paham, apa saja kekurangan yang harus diperbaiki dari karyanya itu.

Sampai sini kalian sudah bisa menangkap bukan maksudnya?

Ya, dari awal siswa SMA tersebut sudah berniat untuk menjadikan blognya sebagai penyaluran akan bakatnya membuat cerpen, berkat kegiatan blogging-nya ia bisa menjadi seorang penulis cerpen walaupun masih dalam tahap belajar. Tentunya peran teman-teman sekolahnya yang berkunjung dan berkomentar diblognya juga mempunyai andil yang besar.

Efek blogging terhadap motivasi diri seorang siswa diatas hingga menjadi seorang penulis hanya sebagai contoh saja. Masih banyak efek blogging terhadap motivasi diri, semua tergantung pribadi kita masing-masing.

Kira-kira efek blogging terhadap motivasi diri kalian apa hayoo?

Artikel ini hanya sebagai motivasi agar lebih semangat blogging saja, jika kalian ingin membaca artikel motivasi yang lain, kalian bisa membacanya di blog kang fadlymuin. Salah satu artikel motivasi-nya yang bagus untuk dibaca berjudul tips agar tetap semangat mencapai tujuan.

Happy Blogging !! ;)

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Salam kenal Kang..ketemu lagi nih tapi semangat nih ketemu sesama orang bekasi...

    BalasHapus
  2. mas...q blogger pemula..dan saat ini blog saya mempunyai traffic yang lumayan bagus. Saya berencana mengikuti kontes blog tapi tentang tata cara mendaftarnya masih kabur (kurang tahu). dan juga faktor keterlambatan. saya sering terlambat mendapoat info..mohon bantuannya mas...

    BalasHapus