Subscribe Feed

Kerja Keras Adalah Energi Kita


Kerja Keras Adalah Energi Kita
Kerja keras adalah energi kita dan kerja cerdas adalah modal kita, Kedua kalimat tersebut sepertinya sangat pas bila digabungkan. Walaupun yang akan dibahas kali ini adalah tagline iklan dari Pertamina, yaitu kerja keras adalah energi kita.

Tagline kerja keras adalah energi kita merupakan program transformasi yang dilakukan oleh Pertamina agar kedepannya dapat lebih terbuka lagi kepada masyarakat luas. Yang jadi pertanyaan, akankah program baru yang mereka luncurkan dengan memakai tagline kerja keras adalah energi kita dan berusaha menjadikan keterbukaan sebagai suatu hal yang penting bagi Pertamina bisa direalisasikan? Ya, kita semua berharap begitu.

Jadi Operator Pertamina Butuh Kerja Keras

Jika berbicara tentang kerja keras adalah energi kita, kebetulan dulu saya juga punya pengalaman saat bekerja sebagai operator di SPBU Pertamina. Kalian pasti sudah mengetahui bagaimana tugas seorang operator SPBU atau lebih dikenal dengan sebutan 'tukang pom bensin' .
Ya. . .pekerjaan yang saya lakukan di tahun 2005 silam itu benar-benar membutuhkan kerja keras dan juga energi agar saya dapat melayani para konsumen yang hendak mengisi BBM di SPBU tempat saya bekerja.
Saat pertama kali bekerja disana, kebetulan logo Pertamina masih bergambar dua kuda laut memeluk bintang kuning. Masih teringat jelas oleh saya bagaimana dulu pendapat masyarakat tentang SPBU Pertamina. Tampang operatornya tidak bersahabat, tempatnya kotor, dan banyak sekali SPBU-SPBU yang 'mencurangi takaran mesinnya', pokoknya pelayanannya tidak memuaskan sama sekali lah. Dan yah. . .sangat membutuhkan kerja keras sekali untuk merubah pandangan masyarakat terhadap SPBU-SPBU Pertamina, terutama SPBU tempat saya bekerja.

Kalimat Kerja keras adalah energi kita sepertinya sangat tepat untuk menggambarkan perubahan yang dilakukan oleh Pertamina Persero saat merubah logo lamanya kuda laut kuning memeluk bintang menjadi huruf P lancip seperti panah. Logo baru Pertamina tersebut menuai kontroversi, banyak sekali masyarakat yang tidak setuju dengan tindakan dari Pertamina ini, karena masalah biaya desain logo yang cukup besar. Tapi akhirnya perubahan logo lama menjadi logo baru tetap dilakukan juga oleh Pertamina, Pertamina mengharapkan perubahan logo tersebut dapat memacu kinerja, sehingga pendapatan Pertamina bisa naik 30% pada tahun 2006 silam.
Sekitar akhir tahun 2005 (maaf tanggal tepatnya saya lupa) yang jelas saat itu bulan Desember, SPBU tempat saya bekerja pun merubah logo Pertamina menjadi huruf P. Disinilah kerja keras dan juga kerja sama dari kami (operator sampai pemilik SPBU) mulai dibutuhkan. Sedikit demi sedikit SPBU tempat saya bekerja dulu mulai melakukan pembenahan demi menjalankan program terbaru dari Pertamina, yaitu Pasti Pas. Masih ingat kan dengan kalimat "Mulai dari nol ya" ?

Demi mendapatkan kembali kepercayaan dari masyarakat, dan juga agar tidak kalah dengan para pesaingnya, yaitu Petronas dan Shell, Pertamina benar-benar melakukan peningkatan yang lumayan drastis saat itu, dan imbasnya. . .kerja keras dari kami para operator-lah yang sangat menentukan disini. Kenapa saya katakan seperti itu? Bukannya saya membela diri loh (mentang-mentang dulu pernah jadi operator), tapi memang itulah kenyataannya. Sesuai dengan arti dari logo baru Pertamina huruf P yang lancip diujungnya, dimana ujung tombak dari kesuksesan Program Pasti Pas adalah kami para operator SPBU.
Mulai dari seragam, cara melayani konsumen (termasuk didalamnya pengucapan kalimat "mulai dari nol"), sampai dengan penampilan, harus kami rubah untuk mensukseskan program Pasti Pas Pertamina di SPBU ini. Dan akhirnya kerja keras dan semua energi yang kami kerjakan serta keluarkan membuahkan hasilnya, SPBU tempat saya bekerja dinyatakan lulus oleh Pertamina setelah beberapa kali dilakukan audit. Sertifikat Pasti Pas sukses diterima oleh SPBU kami.
Dampak dari lulusnya kami di Program Pasti Pas sangat jelas terlihat, SPBU tempat saya bekerja dulu semakin ramai didatangi oleh konsumen, dan tentu saja itu bukan hanya kabar baik untuk pemilik SPBU saja, kami para operator juga mendapatkan tambahan gaji serta penghasilan dari pelanggan kami yang royal, mereka tidak sungkan untuk memberikan "uang lebih" atas service yang kami berikan, hehe. Yah memang benar kerja keras adalah energi kita.

Kerja Keras Adalah Energi Kita dan Kerja Cerdas Adalah Modal Kita

Tapi kerja keras kami tidak berhenti sampai disitu, walaupun SPBU kami telah mendapat sertifikat Pasti Pas, SPBU kami tetap di audit secara rutin. Audit ini mencangkup standard pelayanan, jaminan kualitas dan kuantitas, kondisi peralatan dan fasilitas, keselarasan format fasilitas, serta penawaran produk dan pelayanan tambahan. Jika tidak lolos, SPBU kami akan kehilangan predikat sebagai SPBU PASTI PAS. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana jika saat itu SPBU kami tidak diloloskan? Semua kerja keras dan juga energi yang telah kami kerahkan akan terbuang percuma. Ternyata memang benar, kerja keras tidaklah cukup, kami juga harus kerja cerdas. Berpikir cerdas untuk mempertahankan predikat kami SPBU PASTI PAS. Kerja keras adalah energi kita, dan kerja cerdas adalah modal kita, kedua komponen tersebut yang akan membawa kita untuk meraih sukses.

Harapan Untuk Pertamina

Itulah pengalaman kerja keras saya saat bekerja menjadi operator SPBU. Pengalaman yang saat ini membuat saya berpikir lebih cerdas. Ya. . .kerja keras akan jauh lebih bagus lagi hasilnya dengan kerja cerdas.
Saran saya untuk Pertamina Persero agar lebih memperhatikan lagi nasib para operator SPBU. Pekerjaan seorang operator tidaklah semudah yang terlihat, apalagi jika di SPBU yang bersertifikat PASTI PAS. Tanggung jawab, kerja keras dan juga kerja cerdas mereka dituntut disini. Semakin ramai SPBU, semakin rawan juga akan tindak kejahatan. Dan mohon audit pengawasan reguler terus dijalankan di SPBU-SPBU yang telah memiliki predikat PASTI PAS, jangan hanya 'gencar' diawal saja. Ini merupakan point penting untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap SPBU Pertamina. Karena berdasarkan pengalaman saya dulu, masyarakat banyak yang terlebih dahulu memastikan bahwa SPBU tersebut telah bersertifikat PASTI PAS baru mengisi BBM. Semoga kedepannya masyarakat Indonesia tidak lagi meragukan Pertamina.

Walau bagaimanapun kita memang sudah seharusnya menghargai kerja keras yang selama ini telah dilakukan oleh pihak Pertamina yang telah mengeluarkan banyak energi. Pertamina telah mengerahkan segala upayanya untuk merubah 'image' mereka di mata masyarakat, hingga sampai seperti sekarang ini. Bahkan saya juga setuju jika ada diantara masyarakat yang mengatakan bahwa kinerja Pertamina sekarang ini sangat mengalami kemajuan dibandingkan dahulu, dan tentunya ini semua tak lepas dari kerja keras yang mereka lakukan, sama toh seperti tagline iklan barunya Kerja Keras Adalah Energi Kita ?

Posting Komentar

7 Komentar

  1. jagoan segala seo nich.... happy new year ;))

    BalasHapus
  2. nice blog...
    suhu-suhu pada turun nih..ikutan kontes..:D
    tp kyknya ga ada internal linking ya...ato gw ga salah...heheh

    newbie.
    didina8@gmail.com

    BalasHapus
  3. backlinknya mantap neh..
    perlu belajar banyak neh dari blog ini

    BalasHapus
  4. memperkenalkan social bookmark karya anak bangsa
    silakan submit artikel anda di www.thumblike.com
    untung mendapatkan backlink dari blog dofollow secara gratis
    - terima kasih -

    BalasHapus